8 Perbedaan dari Tabungan Berjangka Terbaik VS Deposito

Indivisualism – Tabungan berjangka terbaik atau deposito akan memberikan keuntungan dan manfaat bagi setiap pemakainya. Intinya Anda sama-sama melakukan penyimpanan uang sesuai dengan kebutuhan. Hanya saja kedua program bank ini memiliki perbedaan. Berikut perbedaan yang dimilikinya.

tabungan berjangka terbaik

1. Perbedaan Besaran Suku Bunga

Tabungan yang berjangka memberikan Anda suku bunga yang kompetitif. Suku bunga yang didapatkan berbeda dengan jenis tabungan lainnya. Suku bunga dari tabungan hanya bisa diambil sesuai dengan jangka waktu yang sudah disepakati.

Suku bunga tabungan yang berjangka dari DBS akan dihitung sesuai dengan saldo harian. Suku bunga pada deposito yang digunakan akan konstan dan tertera pada kesepakatan. Jumlahnya akan dihitung sesuai dengan besaran keseluruhan deposito yang dimiliki dalam jangka waktu tertentu.

Jika Anda menginginkan bunga yang besar dengan waktu yang pendek maka dapat memilih deposito. Jika Anda menginginkan bunga yang tinggi dalam waktu yang lebih panjang bisa memilih tabungan yang berjangka.

Banyak keuntungan dan manfaat tabungan rencana dan deposito berjangka. Dua sarana investasi ini telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan(LPS). Fungsi dari LPS adalah menjamin simpanan nasabah dan turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya.

2. Perbedaan pada Fasilitas Asuransi Jiwa

Pada jenis tabungan yang berjangka pihak bank akan memberikan Anda fasilitas untuk asuransi jiwa. Anda akan mendapatkan perlindungan yang disesuaikan dan disepakati di awal perjanjian. Ketika memilih deposito maka tidak mendapatkan fasilitas asuransi jiwa.

3. Perbedaan pada Setoran Awal

Anda yang memilih tabungan berjangka akan merasakan perbedaan dari deposito dengan jumlah setorannya. Pada tabungan yang berjangka setoran awalnya terbilang ringan dibandingkan dengan setoran awal jika memilih deposito. Hal ini bisa Anda tanyakan langsung saat akan melakukan kesepakatan dengan pihak bank DBS.

4. Perbedaan pada Risiko

Apa pun jenis tabungan yang dipilih di bank akan memiliki risiko. Jika memilih tabungan yang berjangka maka akan berisiko rekening tertutup otomatis. Risiko ini terjadi dalam proses auto debet yang dilakukan karena jumlah nominal yang tidak memenuhi. Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari pihak bank DBS jika masalah ini terjadi.

Risiko jika memilih deposito adalah ketika Anda memilih untuk mengambil deposito harus disesuaikan dengan ketentuan yang dilakukan saat membuka rekening depositonya. Apabila Anda melakukan penarikan uang, meskipun tidak menyeluruh rekening akan ditutup. Uang baru bisa diambil jika sudah resmi ditutup.

Bisa dengan cara lain melakukan pengambilan uang yang dideposito sebelum jangka waktunya tanpa dikenakan penalti. Hanya saja risikonya suku bunga yang akan didapatkan jauh lebih rendah dari kesepakatan yang telah dilakukan di awal. Jadi sebelum melakukan pencairan, Anda perlu melakukan pertimbangan yang matang.

5. Perbedaan Penarikan yang Fleksibel

Tabungan yang berjangka memberikan Anda kesempatan untuk melakukan penarikan sesuai. Program tabungan yang berjangka ini sangat fleksibel, sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Pada deposito penarikan tidak bisa dilakukan kecuali sesuai dengan kesepakatan di kontrak. Artinya pengambilan uang bisa dilakukan saat akan menutup rekening depositonya.

6. Perbedaan Pemberian Pinjaman

Pada tabungan yang berjangka Anda murni hanya menabung sesuai dengan jangka waktu yang dipilih. Hanya saja pada program deposito, bank dapat memberikan pinjaman. Pemberian ini bisa dilakukan karena adanya jaminan dari rekening yang dideposito. Pada tabungan yang deposito dapat diguakan untuk jaminan fasilitas kredit yang dilakukan oleh pihak bank.

7. Perbedaan dari Denda

Jika tabungan yang berjangka bisa dilakukan kesepakatan untuk pengambilan uang tanpa adanya denda. Pada deposito pengambilan uang di luar jangka waktu yang seharusnya dikenakan denda bahkan dikenakan penalti. Denda ini akan mengurangi jumlah uang yang dideposito, bahkan mengalami kerugian.

8. Bonus yang Diberikan

Bank DBS tidak memberikan hadiah khusus pada tabungan yang berjangka. Pada tabungan deposito Anda akan mendapatkan hadiah langsung cashback Rp500.000,00 dan satu buah infused bottle. Hadiah ini akan didapatkan saat melakukan kesepakatan dengan pihak bank. Anda bisa memasukkan cashback yang didapatkan ke dalam rekening deposito atau pun tidak.

Tabungan berjangka terbaik dan deposito memilih perbedaan yang tidak jauh. Anda perlu memahaminya dengan cermat untuk bisa memilih mana yang lebih menguntungkan. Informasi terkait yang dibutuhkan bisa langsung saja mengunjungi pihak bank DBS.

Related Posts

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Sebelum Total Knee Replacement

Indivisualism – Apakah Anda mengalami pengapuran sendi lutut dan ingin melakukn operasi? Biaya operasi TKR terbilang cukup mahal, tapi operasi ini merupakan solusi terbaik untuk penanganan masalah Anda. Sebelum melakukan operasi, ada beberapa hal yang harus dihindari demi keberhasilan operasi Anda. 1. Tidak Boleh Merokok Kegiatan merokok tidak hanya berbahaya untuk kesehatan, namun juga tidak […]

Read More

Aktivitas yang Membutuhkan Sunblock Wajah sebagai Pelindung

Indivisualism – Sunblock wajah digunakan untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari saat sedang beraktivitas. Mengingat semakin buruknya polusi udara terutama di kota membesar yang berdampak pada lapisan ozon. Hal ini membuat sinar ultraviolet semakin besar dan dapat merusak kulit. Anda perlu menggunakan sunblock saat melakukan aktivitas berikut ini. 1. Berenang Ketika Anda akan berenang […]

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *