Aturan Penyembelihan Qurban yang Harus Anda Ketahui

Indivisualism – Penyembelihan qurban dilakukan dengan aturan yang sudah ditentukan dalam syariat Islam. Sebagai pemeluk Islam, tentu anda tidak hanya harus menyadari betapa pentingnya berkurban. Lebih dari itu, anda juga harus tahu bagaimana proses penyembelihan hewan qurban yang baik dan benar sesuai dengan syariat.

Anda mungkin sudah banyak mengetahui tentang persyaratan yang harus dipenuhi oleh hewan yang akan dikurbankan. Agar qurban yang anda lakukan bisa membawa keberkahan dan diterima oleh Allah, maka tak hanya hewan qurbannya saja yang harus dipilih berdasarkan syariat Islam melainkan proses penyembelihannya juga harus diperhatikan.

Kali ini kita akan membahas bagaimana proses penyembelihan itu berlangsung dengan syariat Islam. Meskipun bukan anda sendiri yang jual hewan qurban dan menyembelih hewan qurban tersebut namun sangat penting bagi anda untuk memahami bagaimana cara penyembelihan yang tepat.

Menyembelih Hewan Qurban

Berikut adalah beberapa aturan seputar proses penyembelihan hewan qurban yang perlu anda ketahui :

1. Dilakukan di Waktu yang Tepat

Penyembelihan qurban harus dilakukan di waktu yang tepat. Waktu penyembelihan hewan qurban adalah setelah sholat Idul Adha hingga tiga hari setelahnya. Namun jika penyembelihan dilakukan sesegera mungkin maka akan jauh lebih baik.

2. Menghadap Kiblat

Penyembelihan hewan qurban tidak bisa disamakan dengan proses penyembelihan hewan biasa. Hewan qurban harus diarahkan menghadap kiblat agar proses penyembelihan juga bisa menghadap kiblat.

3. Dibaringkan ke Sisi Kiri

Ketika akan disembelih, hewan qurban perlu dibaringkan menghadap sisi kiri. Kenapa harus menghadap sisi kiri? Posisi ini akan lebih memudahkan penyembelih untuk memegang pisau dengan menggunakan tangan kanan dan memegang kepala hewan dengan menggunakan tangan kirinya.

4. Memotong Tenggorokan

Penyembelihan hewan qurban dilakukan dengan memotong bagian tenggorokan atau leher hewan. Penyembelihan dilakukan dengan cepat, dengan memotong dua urat tebal yang ada di tenggorokan sampai darah terpancar.

5. Menyerukan Takbir

Penyembelihan hewan qurban dilakukan diriingi dengan seruan takbir. Baik penyembelih maupun orang-orang yang berkurban bisa membaca takbir sampai proses penyembelihan selesai.

6. Dimulai dengan Mengucap Asma Allah

Sebelum menyembelih hewan qurban, penyembelih harus menyebut nama Allah terlebih dahulu. Sebenarnya, menyebut nama Allah merupakan aturan utama ketika akan menyembelih hewan apapun agar halal dan sesuai dengan syariat Islam.

7. Menggunakan Pisau yang Tajam

Penyembelihan hewan qurban harus dilakukan dengan memakai pisau yang tajam. Penggunaan pisau yang tajam ini tujuannya adalah agar proses penyembelihan bisa berlangsung dengan cepat. Dengan begitu maka hewan yang disembelih tidak akan merasa tersiksa.

8. Tunggu Hingga Benar-Benar Mati

Ketika menyembelih hewan qurban, anda harus mematikan hewan tersebut benar-benar mati. Jangan menguliti hewan atau memotong bagian tubuhnya jika hewan belum benar-benar mati. Karena jika belum benar-benar mati maka sama saja anda menyiksa hewan tersebut dan hal ini sangat tidak diperbolehkan.

Penyembelihan hewan qurban harus dilakukan dengan cepat dan tidak boleh menyiksa hewan yang akan dikurbankan. Menyiksa hewan sangat tidak diperbolehkan dalam Islam. Pastikan bahwa hewan merasa tenang dan disembelih dengan penuh kelembutan. Oleh karena itu, lakukan dengan cepat dan tunggu sampai hewan benar-benar sudah mati.

Metode penyembelihan yang tepat akan menambah keberkahan pada hewan yang disembelih. Selain itu, orang yang berkurban harus berniat terlebih dahulu agar hewan yang dikurbankan sah menurut Islam. Itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses penyembelihan qurban agar qurban bisa membawa keberkahan.

Related Posts

Rumah Idaman. Beli Tanah atau Rumah?

Indivisualism – Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, sejajar dengan kebutuhan akan pangan dan pakaian. Pada perkembangannya, rumah tidak semata-mata dipandang sebagai sebuah bangunan berlantai dan beratap, tempat berteduh dan berlindung. Rumah adalah wadah bagi kehidupan, tempat mendapat dan mencipta kebahagiaan. Rumah menjadi penuh arti bahkan tidak jarang juga menjadi simbol bagi penghuninya. Ya, […]

Read More

Yuk Kenali Keunggulan Produk Asuransi Syariah Allianz Protection

Indivisualism – Asuransi syariah sebagai produk keuangan lebih identik dengan dunia muslim. namun jika ada non-muslim yang akan menggunakan produk ini juga bisa lo. Saat Anda menggunakan produk keuangan asuransi ini, pastikan Anda mengetahui keunggulannya. Nah berikut ini adalah keunggulan produk asuransi berbasis syariah yang dapat Anda ketahui. 1. Dana Permi Dapat Dicairkan Keunggulan pertama […]

Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *